soal 2 logika informatika

Latihan Logika

"If you send me an e-mail message, then I will finish writing the program,” “If you do not send me an e-mail message, then I will go to sleep early,” and “If I go to sleep early, then I will wake up feeling refreshed”. “Therefore, If I do not finish writing the program, then I will wake up feeling refreshed."

Jawab :

P : You send me an e-mail message
Q : I will finish writing the program
R : I will go to sleep early
S : I Will wake up Feeling refreshed
Hypotheses :
P→Q
¬P→R
R→S
¬Q→S (Kesimpulan)
   Langkah                      Alasan
1. P→Q                           Hipotesis
2. ¬Q→¬P                       Kontrapositif langkah pertama
3. ¬P→R                         Hipotesis
4. ¬Q→¬R                      Hipotesis silogisme menggunakan langkah kedua dan ketiga
5. R→S                           Hipotesis
6. ¬Q→S                         Hipotesis silogisme menggunakan langkah ke 4 dan ke 5
Kesalahan dalam mengambil kesimpulan
Proposisi [(P→Q) /\ Q] → P bukan tautologi,
karena jika nilai [(P → Q) /\ Q] → P akan menjadi salah jika nilai P salah dan Q itu benar.
Maka ketika (Permisalan) implikasi P→ Q dan Hasil dari implikasinya Q benar,
proposisi Q tidak boleh benar.

Maka soal tersebut itu salah, atau disebut dengan Fallacy of affirming the conclusion (Kekeliruan Menegaskan Kesimpulan).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tautologi, Kontradiksi, Contingent, Ekuivalensi Logis dan Tabel Kebenarannya

EKIVALENSI LOGIKA INFORMATIKA

Storyboard & Flowchart Game